Pengalaman Ikut Malam Keakraban (Makrab) Himpunan

Kali ini saya mau menuangkan tulisan tentang pengalaman ikut makrab (malam keakraban). Di lingkungan kuliah atau mahasiswa ada yang namanya himpunan-himpunan yang isinya orang yang aktif dan kurang aktif dalam berorganisasi. Organisasi ini memiliki tujuan dan aktivitasnya masing-masing. Contohnya HIMTI atau himpunan mahasiswa teknik informatika, di antara aktivitasnya adalah memperkaya wawasan dan keterampilan mahasiswa informatika dengan mengadakan kelompok belajar, menyelenggarakan acara atau seminar, observasi, dan lain-lain. Nah, makrab ini juga bagian dari acara mereka yang pernah saya ikuti oleh karena saya juga termasuk mahasiswa informatika. Saya mengikuti makrab atas dasar dorongan teman, rasa ingin tahu dan rasa ingin bersosialisasi saja.

teman-makrab

Kemudian berangkatlah kita beberapa mahasiswa-mahasiswi ikutserta dan didampingi oleh kakak kelas sebagai penyelenggara/panitia. Tidak tahunya, di sana saya dan temans banyak mendapat pengalaman. Singkatnya, jadi di dalam acara makrab itu (kurang ingat urutannya) ada acara2 berikut ini:

Membuat group untuk kerjasama. Peserta (mahasiswa/i) diminta membuat group, group ini untuk membentuk tim kerjasama dalam segmen2 acara yang membutuhkan prinsip kerjasama. Anggota2nya didapat dengan model kocokan nama secara random. #luarbiasa. Al hasil saya beberapa jadi kenal satu sama lain.

Permainan outbond dan olahraga. Salah satu tugas yang ddapat penulis adalah menyelesaikan benang kusut secara bersama-sama membentuk lingkaran. Setiap orang memegang benang di tangan kanan dan kirinya. Satu group ini membentuk lingkaran mengitari benang kusut tersebut dan harus mengurainya dengan tidak melepaskan tangan2 masing. Al hasil kerumitan terjadi karena anggota harus bergerak kesana-kemari melompati teman, menyelip dan sebagainya untuk menyelesaikan tugasnya hehehe.

Pertemuan dengan alumni-alumni dalam himpunan. Di malam hari ternyata kita dipertemukan dengan alumni-alumni yang tidak kami kenal sebelumnya. Mereka sangat ramah dan baik dengan segala kelucuan, sifat dan karakternya. Kita duduk membentuk lingkaran. Di sini kita memperkenalkan diri satu persatu mulai dari nama, jurusan, tahun angkatan, alas an memasuki jurusan informatika dan alas an mengikuti makrab. Lumayan panjang deh perkenalannya hehehe.

Mentoring mengenai pekerjaan di teknik informatika. Di segmen ini panitia menghadirkan beberapa alumni yang sudah memasuki dunia kerja di bidang informatika sekitar dua – tiga tahun. Banyak pengalaman yang dibagikan disini seperti wawasan, keterampilan, dan tips bagaimana menekuni sebagai Network administrator, Database administrator, Programmer, System analyst, Project manager, IT support, Consultant  dan sejenisnya. Di sini sangat seru dan kita bisa tanya-jawab juga.

Hiburan dan Musik. Di segmen ini panitia dan masing-masing grup peserta diminta membuat pertunjukan misalnya menyanyikan satu lagu, mendramakan adegan, aksi grup lawak atau sejenisnya. Saya sendiri jadinya menyajikan satu lagu sebagai gitarisnya. Hehehe

Istirahat bersama. Di sini kita bisa melihat sifat dan karakter teman-teman deh. Ada yang seperti menguasai tempat tidur tertentu, ada yang asyik dengan gadgetnya sepanjang hari dan malam. Ada yang ngumpet-ngumpet untuk merokok. Ada yang main game. Ada yang diskusi tentang informatika dan tentang supranatural (hahaha, enggak nyambung). Ada yang pedekate sama peserta mahasiswi lainnya. Luar biasa ya.

Itu tadi beberapa segmen acara yang saya ingat dan bisa dijadikan referensi nanti kalau mau mengadakan malam keakraban lagi di luar daerah dengan komunitas lain. Pastinyaaa, akan banyak keceriaan, hubungan pertemanan, wawasan dan ilmu yang bisa didapat deh dengan berkomunitas, belajar dan berbagi.

Leave a comment