Pengalaman Menjadi IT Technical Support

Menjadi IT support membuat saya mendapat banyak pelajaran dan pengalaman di antaranya sudah pasti berhubungan akrab dengan yang namanya komputer baik hardware maupun softwarenya. Kemudian sudah pasti berhubungan dengan banyak pengguna (end user) yang tidak/kurang tahu mengenai komputer karena tugas mereka adalah memanfatkan komputer sedangkan teknisi seperti saya adalah memahami komputer (jauh lebih dalam jauh lebih dalam, hehehe). Selain itu saya berurusan dengan beberapa vendor yang terlibat dalam pengadaan komputer/software/hardware/server dan sejenisnya yang memang digunakan oleh si corporate tersebut.

Nah, saya yang notabene tidak mengerti perangkat dan jaringan waktu itu berpikir “Trial and Error and Goal” saja. Selama ada senior staf yang bisa ditanya-tanya biarlah saya belajar dan bekerja keras supaya bisa menangani trouble-trouble seputar komputer dan jaringan.

Ya, secara umum menjadi it support adalah menangani masalah (troubleshooting), memelihara (maintenance) dan memasang (instalasi) perangkat komputer dan infrastrukturnya #Cmiiw. Nah secara detail atau teknisnya ternyata cukup banyak. Ini dia (yang pernah saya alami) :

  • Instalasi software (operating system dan aplikaasi) pada komputer baru. Kalo komputer2 barunya untuk 1 ruangan kan bisa dibayangkan prosesnya. Walaupun dengan bantuan cloning atau apa saja yang bisa mempercepat, tetap cukup memakan waktu #menunggu.
  • Download software-software ter-uptodate. contohnya: servicePack, plugin, driverPack, hirenBoot CD, dll.
  • Track jaringan kabel yang mati/putus di beberapa lantai. Dalam satu lantai ada beberapa region. terbayang sudah untuk para pemula sekaligus staf junior yang belum tau kondisi situasinya. #puyeng.
  • Upgrade atau migrasi Sistem operasi atau Sistem Database
  • Membuat kabel (Crimping kabel jaringan)
  • Menerima keluhan pengguna yang biasanya melampiaskan kekecewaan/kemarahannya kita para staf IT karena komputernya bermasalah. (Aneh, yang rusak mesinnya, yang pakai mesin ya mereka, eh kita yang kena omel, hehehe)
  • Menerima request software yang pengguna sendiri tidak tahu tujuannya. Main minta pasang ini-itu hanya karena temannya instal ini-itu.. Setelah dipasang, ternyata error. (tipe pengguna ini adalah tipe user yang sok tahu dari pada ahlinya, hehehe)

Demikian sih kira-kira pekerjaan dan pengalamannya, enggak tau nih teman-teman lainnya.

Leave a comment